10 Makanan sehat untuk wanita bisa meningkatkan kesehatan

 10 makanan sehat untuk wanita bisa meningkatkan kesehatan

Untuk tubuh agar sehat, bugar dan berpenampilan glowing, berikut daftar makanan untuk meningkatkan kesehatan wanita.


Ada banyak makanan yang dapat meningkatkan kesehatan makanan untuk meningkatkan kesehatan wanita agar lebih sehat, bugar, bercahaya dan tetap awet muda meski sudah lanjut usia.

Wanita harus tahu bahwa ada sejumlah penyakit yang lebih rentan menyerang, seperti kanker payudara, kanker rahim, dan penyakit autoimun. Hal ini dapat terjadi karena perbedaan kondisi anatomi dan hormonal.

Selain itu, seorang wanita juga menikmati beberapa tahapan berbeda dalam hidupnya, seperti kesuburan, kehamilan, persalinan, dan menopause. Itu sebabnya wanita harus memperhatikan asupan gizinya demi meningkatkan kesehatan. Berikut beberapa makanan pendukungnya.

1. Brokoli

Warna hijau keriting ini mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan wanita. Brokoli kaya akan vitamin A dan C, serat, kalium, kalsium, dan zat besi. Brokoli dapat membantu mencegah kanker payudara. Selain itu kandungan asam folatnya bermanfaat bagi kesehatan wanita, terutama saat merencanakan kehamilan.

2. Bayam

Bayam tidak jauh berbeda dengan brokoli, dan juga mengandung vitamin C dan kalsium. Selain itu, bayam kaya akan vitamin A dan K, magnesium dan lutein yang baik untuk kesehatan mata dan tulang.

3. Salmon


Ikan laut ini sangat kaya akan asam lemak omega-3, terutama DHA dan EPA. Kedua jenis asam lemak tersebut dapat digunakan secara langsung oleh tubuh untuk meningkatkan kesehatan selaput setiap sel di dalam tubuh.

Nutrisi yang dimiliki ikan salmon dipercaya dapat melindungi wanita dari berbagai penyakit seperti jantung, stroke, lupus, dan radang sendi.

4. Kacang

Selain rendah lemak, kacang juga kaya akan protein, kalsium, magnesium, omega-3, dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan wanita.

Selain itu kacang juga dapat menstabilkan hormon wanita berkat kandungan isoflavonnya. Kandungan ini dapat mengontrol gejala pramenstruasi, pramenopause, dan menopause.

Kacang juga memiliki efek perlindungan terhadap kanker payudara dan penyakit jantung.

5. Blueberry


Keluarga berry ini kaya akan antioksidan. Salah satunya adalah antosianin yang baik untuk mencegah penuaan dini pada wanita.

Selain itu, blueberry juga kaya vitamin C dan asam folat, sehingga bermanfaat untuk dikonsumsi selama kehamilan.

6. Alpukat

Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh ganda yang menyehatkan jantung. Selain itu, asam lemak tak jenuh ganda juga dapat meningkatkan kesehatan wanita dengan membantu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak perut.

Alpukat juga dikenal tinggi kalium, magnesium, folat, protein, dan vitamin B6, E, dan K.

7. Yogurt


Produk susu fermentasi ini telah lama dikenal sebagai penambah kesehatan. Kandungan bakteri probiotik dalam yogurt sangat baik untuk pencernaan, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Yogurt juga bermanfaat untuk mencegah penyakit pencernaan, seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS) yang sering dialami wanita.

Selain itu, mengonsumsi yogurt juga dapat membantu mengatasi gejala pada organ kewanitaan, seperti sekret vagina.

8. Tomat

Senyawa yang membuat tomat sangat unggul adalah likopen. Likopen merupakan antioksidan yang dapat melindungi wanita dari kanker serviks dan payudara.

Mengkonsumsi tomat yang sudah dimasak dapat berperan sebagai tabir surya alami untuk kulit. Tak hanya itu, kandungan polifenol pada tomat juga dapat membantu mengencerkan darah, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

9. Apel


Apel mengandung quercetin, yaitu sejenis antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bagi wanita yang sedang diet, makan apel dapat membantu memberikan nutrisi selama menjalani diet sekaligus membantu menurunkan berat badan.

10. Susu rendah lemak

Susu rendah lemak mengandung banyak kalsium dan vitamin D, yang berarti berkontribusi pada pemeliharaan kesehatan tulang, terutama risiko osteoporosis, yang juga dikenal sebagai pengeroposan tulang. Ini penting karena wanita diketahui lebih mungkin mengalami hal ini.

Selain itu, kebutuhan vitamin D yang cukup juga berperan penting dalam kesuburan wanita.

Susu rendah lemak juga mengandung kalium, vitamin B12, dan riboflavin, yang dapat mencerahkan kulit tanpa menambah volume.

Makan makanan untuk meningkatkan kesehatan wanita seperti yang disebutkan di atas dan menjaga pola makan seimbang sebenarnya kurang optimal. Anda juga bisa meningkatkan diri dengan berolahraga secara rutin, cukup tidur, dan mampu mengelola stres dengan baik sehingga wanita terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Sumber :

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3635420/10-makanan-untuk-meningkatkan-kesehatan-wanita

ORDER VIA CHAT

Product : 10 Makanan sehat untuk wanita bisa meningkatkan kesehatan

Price :

https://qsehatku.blogspot.com/2020/08/10-makanan-sehat-untuk-wanita-bisa.html

ORDER VIA MARKETPLACE

Discussion