Tujuh Cara Hidup Sehat

 Tujuh cara hidup sehat

 

Menjaga kesehatan di tengah pandemi virus corona saat ini sangat penting dilakukan. Kondisi tubuh yang sehat memperkuat kekebalan, yang membantu tubuh terhindar dari infeksi virus. Kesehatan tidak selalu harus rumit. Berikut beberapa cara sederhana menjalani hidup lebih sehat, seperti dilansir Healthline:

 

1. Tetap makan: Isi setengah piring dengan sayuran non-tepung. Sayuran non-tepung termasuk bayam dan sayuran berdaun hijau tua lainnya seperti wortel, brokoli, dan kembang kol. Mengisi setengah piring dengan sayuran non-tepung adalah cara sederhana untuk mengikuti diet sehat, karena rendah kalori tetapi penuh nutrisi, serat, dan air. Konsumsi rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang dapat membuat ketagihan, sehingga seseorang sulit untuk menghindarinya. Jika ingin memiliki kesehatan yang optimal, maka perlu mengurangi konsumsi zat tersebut. Baca juga: Jangan berbaring, gaya hidup sehat perlu menghadapi normal baru

 

2. Hindari stres Gaya hidup sehat meliputi pola makan yang sehat, tidur yang nyenyak, dan olahraga teratur. Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kortisol dan sangat merusak metabolisme tubuh. Hal tersebut dapat menimbulkan perasaan ingin makan junk food atau fast food yang berujung pada penumpukan lemak di area perut, dan peningkatan risiko berbagai penyakit. Studi juga menunjukkan bahwa stres berkontribusi signifikan terhadap depresi, yang merupakan masalah kesehatan utama saat ini. Stres dapat dikurangi dengan berolahraga, berjalan-jalan di alam, dan berlatih pernapasan dalam hingga bermeditasi.

 

3. Makan di piring dan wadah yang lebih kecil Ukuran piring dapat mempengaruhi jumlah makanan yang dikonsumsi. Ilmuwan menemukan bahwa orang yang makan dari mangkuk besar mengkonsumsi 56 persen (142 kalori) makanan lebih banyak daripada orang yang makan dari piring kecil. Satu studi menemukan bahwa orang yang secara konsisten makan lebih banyak makanan mendapat porsi dan hidangan yang lebih besar. Ilusi sederhana makan dari piring kecil dapat membantu Anda merasa lebih baik tentang makan lebih sedikit. Baca juga: Dorong merebaknya Covid-19, Pemerintah Kota Jakarta Barat Ajak Warga Jembatan Besi Hidup Sehat.

 

4. Hindari minuman ringan bergula. Jika ingin lebih sehat, coba hindari minuman manis. Minuman manis tidak mengandung nutrisi penting dan sarat dengan gula. Penelitian menunjukkan bahwa minuman yang dimaniskan dengan gula dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, bahkan kanker. Plus, asam dalam minuman ringan dapat merusak gigi, terutama jika dikombinasikan dengan gula. Jika Anda mengonsumsi banyak soda, pilih minuman yang lebih sehat seperti air soda tanpa pemanis dengan lemon.

 

5. Minum air yang cukup Minum air yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan fungsi otak, fokus dan mood yang positif. Selain itu, air dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan membuat Anda merasa kenyang dan meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar. Jika Anda kesulitan minum cukup air, cobalah minum satu cangkir setiap kali makan. Baca juga: Cara mengatasi bau badan dengan minum air putih.

 

6. Jam tidur Tidur sangat penting untuk kesehatan umum. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur terkait dengan banyak penyakit, termasuk obesitas dan penyakit jantung. Anda disarankan untuk meluangkan waktu untuk mendapatkan tidur yang baik dan berkualitas. Jika tidak bisa tidur nyenyak, ada beberapa cara untuk mengatasinya, seperti tidak minum kopi di sore hari, berusaha tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Tidur dalam kegelapan total tanpa penerangan buatan di rumah beberapa jam sebelum tidur. Berapa jam tidur yang sesuai untuk kelompok umur?

 

7.  Latihan menggunakan otot sangat penting untuk kesehatan yang optimal. Meskipun angkat beban dan olahraga dapat membantu seseorang terlihat lebih baik, memperbaiki penampilan aslinya hanyalah puncak gunung es. Anda perlu berolahraga untuk memastikan tubuh, pikiran, dan hormon Anda berfungsi secara optimal. Misalnya dengan angkat beban akan menurunkan kadar gula darah dan insulin, meningkatkan kolesterol dan menurunkan trigliserida. Ini juga meningkatkan testosteron dan kadar hormon pertumbuhan. Apalagi olahraga dapat membantu mengurangi depresi dan risiko berbagai penyakit kronis, seperti obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, Alzheimer dan lain-lain.

 

Selain itu, olahraga dapat membantu mengurangi lemak, terutama dengan pola makan yang sehat. Tidak hanya membakar kalori, tetapi juga meningkatkan kadar hormon dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Ada banyak cara untuk berolahraga, jadi tidak perlu pergi ke gym atau membeli peralatan gym yang mahal. Anda dapat mencoba olahraga ringan dan nyaman di rumah menggunakan teknologi seperti Internet.

 

Banyak latihan ringan dapat ditemukan online, di mana gerakan dapat disalin. Selain itu, penting juga untuk mendapatkan sinar matahari sebagai sumber alami vitamin D. Kuncinya adalah memilih sesuatu yang disukai dan dapat bertahan lama. Jika Anda benar-benar sakit atau memiliki masalah medis, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan yang berkualifikasi sebelum memulai program pelatihan baru.

Sumber :

https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/07/163300865/7-cara-pola-hidup-sehat-apa-saja?page=all.


ORDER VIA CHAT

Product : Tujuh Cara Hidup Sehat

Price :

https://qsehatku.blogspot.com/2020/08/tujuh-cara-hidup-sehat_6.html

ORDER VIA MARKETPLACE

Discussion